Selasa, 20 Desember 2011

Pidato Tentang Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkoba

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera untuk kita semua.
Dewan Juri yang saya hormati, dan kawan – kawan ku peserta lomba pidato yang berbahagia.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karna atas limpahan rahmat dan karunianya, kita masih dapat berkumpul pada pagi hari yang cerah ini di Ruang Lab Bahasa 1 SMP Negeri 06 Pekalongan dalam keadaan sehat tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat dan salam semoga juga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Rasullulah SAW. Yang telah menuntun kita semua dari zaman kegelapan sampai ke zaman yang terang benderang ini.

Tak lupa ucapan terimakasih atas waktu yang telah diberikan untuk saya, sehingga  saya dapat berpidato pada kesempatan yang baik ini.

Perkenalkan, nama saya Qory Aina Alifianita. Perwakilan dari kelas IXC akan menyampaikan sedikit ulasan tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba dilingkungan sekitar.

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Pasa masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Pada masa itu psikis menjadi labil, hal ini akan membawa dampak yang baik apabila remaja dituntun untuk berprilaku baik dan mengembangkan potensi sehingga dapat mengarah pada kesuksesan, ataupun sebaliknya hal ini juga dapat membawa dampak buruk apabila dalam lingkungan remaja banyak orang – orang yang melakukan penyimpangan social. Remaja akan cenderung mengikuti atau mencontoh beberapa hal dari lingkungan mereka.

Kenakalan remaja adalah berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan criminal yang akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
Penyebab kenakalan remaja sangatlah kompleks, baik yang berasal dari dalam diri remaja tersebut yaitu remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dan yang tidak dapat diterima dalam lingkungan masyarakat. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. maupun penyebab yang berasal dari lingkungan yang kurang baik,  lebih-lebih dalam era globalisasi ini pengaruh lingkungan akan lebih terasa..

Adapun macam – macam kenakalan remaja yang sering terjadi diantaranya adalah :
 1. Tawuran antar pelajar
Tawuran antar pelajar adalah perbuatan yang  sangat bodoh, karena dapat merusak fasilitas umum dan fasilitas yg terdapat di sekolah.
Tawuran juga dapat merusak masa depan, karena jika tertangkap polisi nama mereka yang tertangkap akan tercemar.
2.  Mencuri
Mancuri juga dapat merusak nama baik kita, karena jika kita ketahuan mencuri, kita akan merasa sangat malu, dan kita juga akan di jauhi oleh orang orang yang dekat dengan kita,
3.  Bolos
4.  Merusak fasilitas sekolah
Merusak fasilitas sekolah akan merugikan diri saendiri dan orang lain, karena kita tidak bisa memakai atau manggunakan fasilitas fasilitas tersebut.
5. Pergaulan Bebas
6. Penyalahgunaan Narkoba
Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya.
Narkoba adalah semua zat padat, cair maupun gas yang dimasukan kedalam tubuh yang dapat merubah fungsi danstruktur tubuh secara fisik maupun psikis. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun hal tersebut mungkin dikarenakan lemahnya penegakan hukum di Indonesia.

Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba,. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Efek psikologis atau mental spiritual yang dapat ditimbukan dari penggunaan narkoba :
- Darah tinggi
- susah tidur
- Hilang nafsu makan / kurus
- Terbius sesaat
- Kemampuan konsentrasi dan Daya tangkap syaraf otak berkurang.
- Penglihatan kabur / berkunang-kunang.
- Rasa gembira.
- Percaya diri / PD meningkat pesat.
- Peka pada suara.

Tanda-Tanda Kemungkinan Penyalahgunaan Narkotika dan Zat adiktif
-  berat badan turun drastis
-  mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, dan bibir kehitam-hitaman
-  tangan penuh dengan bintik-bintik merah, seperti bekas gigitan nyamuk dan
   ada tanda bekas luka sayatan. Goresan dan perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan
-  sangat sensitif dan cepat bosan
-  bila ditegur atau dimarahi, dia malah menunjukkan sikap membangkang
-  emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang di sekitarnya

Hal -hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja, yaitu:
  1. Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
  2. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
  3. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
  4. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.
  5. Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun. 
  6. Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah.
  7. Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya.
Sebagai pelajar dan warga Negara yang baik sebaiknya kita menghindari atau tidak mencontoh sikap – sikap yang menurut kita memang tidak pantas dilakukan. Supaya Negara ini tidak kehilangan asset – asset berharganya untuk membentuk Negara yang maju dengan moral yang baik.

Hanya sekian yang dapat saya sampaikan

Terimakasih atas segala perhatian.

Mohon maaf apabila dalam penyampaian kata atau kalimat banyak kesalahan yang kurang berkenan dihati

Akhirul kata
Wassalamualaikum Wr.Wb

1 komentar:

Suryani Thamrin mengatakan...

aku suka tampilannya (y) :)

Poskan Komentar

 
;